LOSPALOS, MEHARA LATA: JAVA

Kursor

HASIL PERTANDINGAN BOLA

NONO BLOG - DAFTAR LIVE SCORES SEPAKBOLA DUNIA

JAVA

A. mengunakan class Ketiklah listing program dibawah ini lalu simpan dengan nama kelasnya yaitu Hitung.java class Hitung{ int tambah =0; int kurang = 0; int kali = 0; float bagi = 0; void pertambahan(int nilai1, int nilai2) { tambah=nilai1+nilai2; System.out.println("Hasil Pertambaha ="+nilai1+ "+" +nilai2+ "=" + tambah); } void pengurangan(int nilai1, int nilai2) { kurang=nilai1-nilai2; System.out.println("Hasil Pengurangan ="+nilai1+ "-" +nilai2+ "=" + kurang); } void perkalian(int nilai1, int nilai2) { kali=nilai1*nilai2; System.out.println("Hasil Perkalian ="+nilai1+ "*" +nilai2+ "=" + kali); } void pembagian(int nilai1, int nilai2) { bagi=nilai1/nilai2; System.out.println("Hasil Pembagian ="+nilai1+ "/" +nilai2+ "=" + tambah); } } Lalu buat lagi sebuah listing untuk memanggil kelas tersebut, lalu simpan dengan nama kelasnya yaitu hitungberaksi.java. class hitungberaksi { public static void main (String[] args){ Hitung lat=new Hitung(); lat.pertambahan(20,20); lat.pengurangan(10,5); lat.perkalian(10,20); lat.pembagian(21,2); } } perlu diingat bahwa java adalah case sensitif jadi nama klas dan nama file yang disimpan harus sama, jangan berbeda walaupun huruf besar dan kecil. hasil yang akan di dapat ketika Hitung.java dikompile adalah: " Tool completed successfully " berarti program ditulis dengan baik dan berhasil di compile.(Hitung.java tidak perlu dirun sebab belum ada main programnya). sedangkan bila hitungberaksi.java di kompile dan di run maka akan tampak seperti berikut ini : di compile : " Tool completed successfully " di run : Hasil Pertambaha =20+20=40 Hasil Pengurangan =10-5=5 Hasil Perkalian =10*20=200 Hasil Pembagian =21/2=40 Output completed (0 sec consumed) ================================================= Menggunakan Metode Input Untuk Menyelesaikan Permasalahan Matematika Sederhana Dari bahasan OOP-2 maka kita akan melihat bahwa nilai nilai elemen matematika sudah terinput ketika program belum di kompile (statis), bagaimana bila kita ingin mengimput nilai nilai tersebut secara dinamis atau berganti ganti? Dalam java ada sebuah fungsi yang dikenal sebagai java.util.* yang harus kita import dulu sebelum kita membuat program contoh : 1. program tambah.java import java.util.*; class tambah { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); int a, b, c; System.out.print("Nilai A = "); a = input.nextInt(); System.out.print("Nilai B = "); b = input.nextInt(); c = a + b; System.out.println("HASIL = " + c); } } 2. kurang.java import java.util.*; class kurang { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); int a, b, c; System.out.print("Nilai A = "); a = input.nextInt(); System.out.print("Nilai B = "); b = input.nextInt(); c = a - b; System.out.println("HASIL = " + c); } } 3. kali.java import java.util.*; class kali { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); int a, b, c; System.out.print("Nilai A = "); a = input.nextInt(); System.out.print("Nilai B = "); b = input.nextInt(); c = a * b; System.out.println("HASIL = " + c); } } 4. bagi.java import java.util.*; class bagi { public static void main(String[] args) { Scanner input = new Scanner(System.in); int a, b, c; System.out.print("Nilai A = "); a = input.nextInt(); System.out.print("Nilai B = "); b = input.nextInt(); c = a / b; System.out.println("HASIL = " + c); } } semua program dibuat dalam keadaan terpisah, kita bisa juga melakukan gabungan dengan memilih eksekusi yang kita inginkan dalam satu buah program, dengan menggunakan perintah: Kondisi IF Kondisi Switch Case Kondisi Ternary Operator ====================================== Tulis IfElseApp.java, simpan di directory yang sudah dipersiapkan. IfElseApp.java public class IfElseApp { public static void main(String[] args) { double a = 4; double b = -13; double c = -12; double D = b*b - 4*a*c; double x1, x2; System.out.println ("Persamaan kuadrat a*x^2+b*x+c=0, di mana"); System.out.println("a = " + a); System.out.println("b = " + b); System.out.println("c = " + c); System.out.println ("dengan menerapkan rumus ABC diketahui bahwa : "); if(D<0) { System.out.println ("Akar-akar persamaan imaginer."); } else if(D==0) { System.out.println ("Akar-akar persamaan nyata tetapi kembar."); x1 = -b/(2*a); System.out.println("x1 = x2 = " + x1); } else { System.out.println ("Akar-akar persamaan nyata dan berbeda."); x1 = (-b+Math.sqrt(D))/(2*a); x2 = (-b-Math.sqrt(D))/(2*a); System.out.println("x1 = " + x1 + " x2 = " + x2); } } } Langkah ke-2 Buka sebuah terminal, dan change directory ke directory kerja tersebut Langkah ke-3 Compile ... $ javac IfElseApp.java akan dihasilkan IfElseApp.class Langkah ke-4 Launch ... $ java IfElseApp Persamaan kuadrat a*x^2+b*x+c=0, di mana a = 4.0 b = -13.0 c = -12.0 dengan menerapkan rumus ABC diketahui bahwa : Akar-akar persamaan nyata dan berbeda. x1 = 4.0 x2 = -0.75 ============================== Buat tanggal dan waktu Tanggalan.java import java.text.SimpleDateFormat; import java.util.Date; public class DatePrintlnApp { public static void main(String[] args) { Date date = new Date(); SimpleDateFormat format = new SimpleDateFormat("dd MMMM yyyy hh:mm:ss"); String s = format.format(date); System.out.println(s); } } Menggabungkan MyAgent dan public string Langkah pertama agent/MyAgent.java package agent; public class MyAgent { private String name; public MyAgent(String name) { this.name = name; } public String getMessage() { return "Salam keadilan !. dari " + name; } } Langkah ke-2 Tulis SalamKeadilanApp.java, simpan di sub directory app yang sudah dipersiapkan. app/SalamKeadilanApp.java package app; import agent.MyAgent; public class SalamKeadilanApp { public static void main(String[] args) { MyAgent agent = new MyAgent("ibrahim"); String s = agent.getMessage(); System.out.println(s); } } Langkah ke-3 Buka sebuah terminal, dan change directory ke directory kerja tersebut Langkah ke-4 Compile ... $ javac app/SalamKeadilanApp.java akan dihasilkan app/SalamKeadilanApp.class dan agent/MyAgent.class ==========================